Sunday 22 April 2012

Wales, Great Britain

Do you think that all people who live in the UK speak the same language? 

The answer is no!!! 

Tentu saja Inggris adalah salah satu negara super power di dunia, ada banyak orang dari berbagai macam negara dengan berbagai macam bahasa yang tinggal di London ataupun di kota-kota lainnya yang ada di negara ini... Tapi satu hal yang baru saya ketahui hari ini adalah British people who live in Wales do not merely speak English, they have their own local language... 

Saya tahu kalau United Kingdom terdiri dari 4 negara bagian yaitu England, Northern Ireland, Scotland dan Wales.
Tetapi yang saya tidak tahu adalah ketiga negara bagian selain England memiliki bahasa lokal sendiri yang jauh berbeda dengan bahasa Inggris. Hari ini saya membuktikannya ketika saya berkunjung ke Wales. Hehe,,,mungkin saya terkesan bodoh karena ini adalah general knowledge that every one should know, tapi setidaknya saya mengakuinya kalau saya benar-benar tidak tahu hehe :D

Okeh, saya tidak bermaksud untuk memberikan kuliah tentang bahasa kali ini, saya hanya ingin berbagi pengalaman saya berkunjung ke Wales. Kebetulan hari ini saya tidak berkunjung ke Cardiff ibu kota administratif nya Wales, tetapi ke dua kota kecil yang sangat cantik yaitu Conwy dan Llandudno. 


Bisa kalian lihat di peta Inggris diatas kalau Wales terletak di bagian bawah dekat dengan London. Jujur saja saya tidak mengetahui banyak infromasi tentang sejarah Wales, jadi saya tidak bisa menceritakan secara detail tentang salah satu negara bagian Inggris Raya ini. :D 

Saya langsung saja ke Conwy, di Conwy saya dan teman-teman berkunjung di kastil tua yang diberi nama Conwy Castle, kastil ini benar-benar cantik dan mengingatkan saya akan Hogwarts (sekolahnya si mas Harry Potter) hehehe 

Conway kastil selesai di bangun oleh King Edward I pada tahun 1287. Biaya pembuatan kastil ini sekitar 20.000 pound sterling (bisa di bilang cukup mahal pada tahun segituaan). Bentuk kastil ini tidak beraturan karena dibangun mengikuti garis dasar batu yang sudah ada sebelum kastil di bangun. Kastil ini memiliki 8 tower besar, dengan menaiki tangga spiral keatas tower-tower tersebut kita bisa melihat pemandangan kota yang sangat spektakler... :)   

Ada banyak gambar yang saya ambil di sekitar kasil  yang ingin saya tunjukkan ke teman-teman, sapa tau aja suatu saat mau ke Wales, jadi suda pada tahu tempat-tempat mana aja yang seru buat di kunjungin :D 


Ini beberapa foto yang saya ambil di sekitar kastil :) enjoyyyy





Cantik kan? Itu belum apa-apa....di luar kastil masih banyak hal-hal cantik yang patut untuk di simpan dalam memori, seperti jembatan gantung (Suspension Bridged). Jembatan  ini langsung terhubung dengan bagian paling bawah kastil.  Dibangun oleh Thomas Telford pada tahun 1826 :)




Bisa di lihat di samping jembatan ada railway (jalur kereta) yang juga di bangun sekitar tahun 1847-an oleh Robert Stephenson. 




Ketika keluar dari kastil dan berjalan-jalan di sekitar kota Conwy kita akan menemukan suasa country side dengan bau laut yang sangat khas... Kota ini seperti layaknya Istanbul mengingatkan saya akan kampung halaman saya Ambon..Bau ikan yang segar, layar-layar kapal yang cantik menghiasi pemandangan kota..Benar-benar luar biasa...









Pemandangannya memang sangat cantik, namun dingin yang menusuk tulang benar-benar tidak bisa di escape begitu saja...Menariknya lagi, dalam satu hari cuaca disini bisa berubah-rubah sesuka hati, 10 menit matahari bersinar cerah, 10 menit mendung, 5 menit shower rain...Jadi perlengkapan tempur seperti jaket dan jas hujan harus di siapkan dengan baik :D






Conwy tidak selesai hanya dengan kastil, jembatan gantung dan juga suasa country side dan bau laut yang khas. Ada lagi satu tempat yang harus d kunjungi ketika kita ke Conwy yaitu The Smallest House in Britain. 

Mungkin buat kita-kita yang berasal dari Indonesia rumah kecil mah biasa aja, tapi buat orang Britain yang tajir-tajir dan yang biasanya memiliki rumah dengan dua lantai, rumah kecil adalah salah satu fenomena yang harus diabadikan. hehehe




Ini dia fotonya si rumah paling kecil di Inggris Raya....
Rumah ini masuk dalam catatan the Guiness Book of Record sebagai rumah paling kecil di Inggris. Orang terakhir yang tinggal di rumah ini memiliki tinggi 6ft 3 inches hehe...Buat kita yg kecil-kecil dari Asia mungkin masih bisa tinggal di rumah ini.. Para wisatawan bisa masuk kedalam rumah untuk melihat-lihat isinya dengan membayar tiket masuk seharga 1 pound. Biasanya sih ada perempuan yang memakai pakaian tadisional Wales berdiri di depan rumah (tapi tergantung cuaca), kita kurang beruntung karena memang hari ini sangat dingin. :) 


Selesai dengan Conwy, saya berpindah ke kota cantik lain yang hanya berjarak 30 menit dari Conwy... Llandudno adalah kota yang saya maksud. Secara general kota ini memiliki pemandangan yang hampir mirip dengan Conwy karena ada pantai dan laut yang cukup luas. Sesampainya di Llandudno saya dan teman-teman langsung mencari Wales restaurant yang menyediakan makan tradisional Wales, namun ternyata hampir di semua tempat makanan yang di sediakan adalah Fish and Chips, Curry, Chinese foods (sama saja seperti di Bradford) hehe... Namun akhirnya kami berhasil menemukan satu restaurant uniq yang posisinya tidak langsung menarik mata orang yang sangat lapar, cukup terjepit dan berada di lantai 2. Nama tempat makan ini adalah Cambrige restaurant. 


Pilihan saya untuk memesan Chicken Kiev adalah sangat tepat. Saya tidak menyesal karena ketika dimasukan kedalam mulut rasanya seperti sudah ada di Surga..hahah enyaaaakkkk sekali...Kalau kata Om Bondan makyoooossss




Setelah selesai makan dan full, saya dan teman-teman memutuskan untuk berjalan kaki mengelilingi kota cantik ini. Meskipun sangat dingin kami bahagia sekali :)

Llandudno bisa dibilang adalah tempat tinggalnya orang kaya di Inggris Raya, bisa di lihat dari bangunan-bangunan medieval yang masih terawat dengan baik, fancy cars di jalan dan shopping center yang isinya hampir semua merek-merek terkenal :) Sungguh sangat jauh berbeda dengan Bradford :D

Dibawah ini ada beberapa foto yang saya ambil di sekitar pantai Llandudno...

Somewhere over the rainbow
 

Ini dia si Cantik























Setelah puas jalan-jalan di sekitar pantai kami pun melanjutkan perjalanan ke arah yang lebih jauh lagi dari pusat kota, sampai kami menemukan Tram yang cukup tradisional yang bisa membawa kami sampai ke puncak gunung dan dari atas bisa melihat pemandangan yang sangat amat luar biasa. 


Ini dia Tram tradisional nya :) 


Perjalanan sampai keatas memang sangat mengasikan namun angin yang kencang dan dingin nya temprature membuat kami hampir beku di dalam Tram...hahaha 


Ini dia hasil potret dari atas Tram 


Saya harap semoga cerita saya ini bisa memberi inspirasi bagi mereka yang ingin tahu tantang Wales...

Terimakasih Tuhan untuk kesempatan yang begitu berharga, terimakasih sudah mengijinkan saya untuk menikmati hasil ciptaan Mu yang luar biasa Indahnya :)

No comments:

Post a Comment