Wednesday 18 April 2012

Life is a rollercoaster

In life, you're going to be left out, talked about, lied to, and used, but you have to decide who's worth your tears and who's not! unknown 


Saya akui masih banyak yang belum saya pahami tentang makna kehidupan. Di luar sana ada banyak orang-orang yang jauh lebih berpengalaman dibandingkan saya untuk menulis tentang kehidupan, tapi kali ini saya memutuskan untuk berani menulis sedikit tentang kehidupan dari pengalaman pribadi saya sebagai seorang manusia.





Hidup itu penuh dengan kejutan..
ya, hidup itu penuh dengan kejutan...mungkin kata-kata ini terdengar basi di telinga orang-orang yang membaca tulisan saya kali ini, tapi saya ingin menekankan bahwa kadang kita tidak mempersiapkan diri untuk sesuatu yang sudah biasa kita dengar dan lihat sampai hal itu terjadi pada diri kita sendiri. jadi waspadalah :)

Berkali-kali saya mendapatkan kejutan dalam hidup saya, namun berkali-kali juga saya tidak belajar untuk mempersiapakan diri. Kejutan yang saya terima biasanya ada dua macam, kejutan dalam bentuk kebahagian yang luar biasa ataupun dalam bentuk kesedihan. 

Sewaktu saya masih muda, saya selalu marah kepada Tuhan ketika saya mendapatkan kejutan dalam bentuk kesedihan. Kenapa harus saya? kenapa bukan orang lain? kenapa saya sebagai anak kecil harus menderita hidup dimasa-masa kerusuhan Ambon pada tahun 1999? kenapa saya harus hidup menderita dalam tempat pengungsian? kenapa kenapa dan kenapa adalah pertanyaan yang selalu saya kirimkan kepada tuhan dalam doa saya... Tapi lagi-lagi saya tidak pernah mendapatkan jawaban yang signifikan dari Nya. Semakin saya tumbuh semakin banyak kejutan dalam bentuk kesedihan yang saya terima dan semakin saya marah kepada Tuhan! ini kah yang namanya keadilan Tuhan? :)

Capek mempertanyakan kenapa saya harus selalu diberi kejutan-kejutan yang menyedihkan oleh Tuhan, saya pun mulai belajar untuk mengkaji kehidupan yang diberikan Tuhan kepada saya. Dalam proses pengkajiaan ini saya menemukan lebih banyak lagi kejutan lain, yang tidak bisa saya definisikan hanya dengan kata sedih dan bahagia. Kejutan itu lebih luas dari kedua kata tersebut dan tidak bisa saya uraikan dengan kata-kata biasa. Kejutan dibalik semua kesedihan-kesedihan yang diberikan Tuhan kepada saya ternyata sangat Luar Biasa. Saya tidak pernah menyangka ada makna yang begitu besar dibalik semua kesedihan yang diberikan oleh Nya kepada saya :) 

Saya siap, sangat siap dengan semua kejutan yang diberikan oleh Nya sekarang, sehingga tidak ada sedikitpun rasa penyesalaan, sakit hati yang dalam, balas dendam dan semua penyakit hati yang muncul ketika biasanya saya mengalami kejutan dalam bentuk kesedihan. Ini kah Tuhan rahasia-Mu? Jadi selama ini Engkau mempersiapkan saya untuk menjadi orang yang begitu kuat, sabar, percaya diri dan optimis untuk menjalankan masa depan saya? Terimakasih Tuhan... Terimakasih.... sesungguhnya ini semua begitu berarti untuk saya sebagai seorang Manusia...  


--------------

Tuhan itu adil teman-teman, siapa yang menanam kejahatan dan kebencian dalam hidupnya maka kebencian dan kejahatanlah yang akan mereka petik.. Saya banyak melihat dan mengkaji tentang hal ini, tuhan itu tidak tidur, tidak buta dan tidak bisa kita bohongi. Kali ini mungkin kita bisa bangga karena sudah menyakiti orang lain, namun di kesempatan yang lain akan ada kejutan yang mungkin tidak pernah kita sangka sebelumnya akan berkunjung kedalam kehidupan kita sesuai dengan perbuataan yang kita perbuat. 

Saya mungkin bukan orang suci dan mulia untuk berbicara seperti ini, tapi saya sudah mengiklaskan semua perbuatan jahat yang diperlakukan oleh orang lain kepada saya... The weak can never forgive, forgiveness is the attribute of the strong and I am strong enough to forgive those who have hurt me :) 


No comments:

Post a Comment